ANALISIS YURIDIS PERBARENGAN PERBUATAN (CONCURSUS REALIS) DALAM TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN YANG DI LAKUKAN ANAK TERHADAP ANAK (STUDI PUTUSAN NOMOR 44/PID/SUS-ANAK/2022/PN/MKS)

ABD.RAHMAN, SYARIF (2023) ANALISIS YURIDIS PERBARENGAN PERBUATAN (CONCURSUS REALIS) DALAM TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN YANG DI LAKUKAN ANAK TERHADAP ANAK (STUDI PUTUSAN NOMOR 44/PID/SUS-ANAK/2022/PN/MKS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ABD.RAHMAN SYARIF_D1A019003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_ABD.RAHMAN SYARIF_D1A019003.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana dan bagaimana penerapan pidana terhadap perbarengan perbuatan pidana (concursus realis) dalam tindak pidana persetubuhan yang dilakukan anak terhadap anak dalam putusan Nomor : 44/Pid/Sus-Anak/2022/PN/Mks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbuatan pelaku anak selain memenuhi unsur persetubuhan Pasal 81 ayat (2) juga memenuhi unsur perbarengan perbuatan Pasal 65 KUHP. Penerapan pidana yang diberikan oleh hakim jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa. Hakim memberikan kesempatan kepada terdakwa anak untuk bisa meperbaiki diri dan tidak mengulangi perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum, seharusnya Hakim memanfaatkan “keadilan substansif” yang dimilikinya dengan memperhatikan perbarengan perbuatan (Concursus Realis) yang di lakukan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak, Persetubuhan, Perbarengan perbuatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:47
Last Modified: 27 Jun 2023 08:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40380

Actions (login required)

View Item View Item