Analisis Margin Pemasaran Agroindustri Beras di Kota Mataram

Wuryantoro, Wuryantoro and Candra, Ayu (2021) Analisis Margin Pemasaran Agroindustri Beras di Kota Mataram. Agrimansion, 22 (1). pp. 39-48. ISSN 1411-8262

[img]
Preview
Text
507-Article Text-654-1-10-20210411.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/arti...

Abstract

Kota Mataram sebagai ibukota provinsi sekaligus pusat ekonomi, budaya dan jasa memiliki tingkat konsumsi akan bahan pangan terutama beras sangat tinggi. Hal ini karena kepadatan penduduk di Kota Mataram yang tinggi. Di Kota Mataram, aliran produksi beras mulai dari produsen hingga sampai ke konsumen membentuk saluran pemasaran. Dengan membuat pemetaan saluran beras yang terdapat di Kota Mataram dapat diketahui hubungan antara masing-masing lembaga pemasaran yang terlibat dan margin pemasaran yang tercipta. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis margin dan efisiensi pemasaran yang diperoleh oleh setiap lembaga pemasaran dalam agroindustri beras di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dengan teknik survei dengan mewawancarai responden yang terdiri petani (pedagang gabah), pedagang di tingkat penggilingan (Rice Milling Unit), pedagang besar, dan pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin dan keuntungan pemasaran yang terbesar dari proses distribusi beras, terdapat pada pedagang di tingkat penggilingan, sedangkan yang terkecil terdapat pada pedagang pengecer, serta proses jalur distribusi atau saluran pemasaran beras di Kota Maram telah efisien.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Saluran Pemasaran, Margin, Efisiensi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Wuryantoro , M.Agr.Bus.
Date Deposited: 27 Jun 2023 16:21
Last Modified: 27 Jun 2023 16:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40400

Actions (login required)

View Item View Item