PENERAPAN METODE PETA PIKIRAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII/A SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011

ROSIANA, EVI (2011) PENERAPAN METODE PETA PIKIRAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII/A SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2 dan 3.docx

Download (87kB)
[img] Text
BAB 4 dan 5.docx

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendanya kemampuan siswa dalam bidang menulis. Hal ini dapat dilihat dari siswa kurang bersungguh-sungguh dan tidak mempunyai kemauan dalam hal menulis terutama menulis karangan narasi, sehingga mengakibatkan proses dan hasil belajar menjadi kurang optimal. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang mampu membangkitkan kemauan dan mengoptimalkan hasil belajar siswa, metode tersebut adalah metode peta pikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah (a)meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi siswa kelas VIII/A SMP Negeri 1 Kuripan dengan penerapan metode peta pikiran (b)meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII/A SMP Negeri 1 Kuripan dengan penerapan metode peta pikiran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kuripan pada siswa kelas VIII/A dengan jumlah siswa 33 orang. Pelaksanaan dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar kerja siswa. Hasil pelaksanaannya yaitu pada siklus I, siswa tuntas belajar 18 orang dan yang tidak tuntas 15 orang dengan jumlah skor 2085 dan nilai rata-rata 63,18. Pada siklus II, siswa yang tuntas 28 orang dan yang tidak tuntas 5 orang dengan jumlah skor 2600 dan nilai rata-rata 78,79. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II mempengaruhi ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 54,55% pada siklus I menjadi 87,87% pada siklus II. Sedangkan pada proses pembelajarannya terjadi peningkatan, pada siklus I pertemuan pertama nilai yang diperoleh adalah 2,2 dan pertemuan kedua terjadi peningkatan menjadi 3. Pada siklus II, pertemuan pertama nilai yang diperoleh adalah 3,2 kemudian pada pertemuan keduanya nilai yang diperoleh adalah 3,6. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan metode peta pikiran dapat meningkatkan kemapuan dan proses pembelajaran dalam menulis narasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): menulis, narasi dan peta pikiran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 May 2018 04:17
Last Modified: 21 May 2018 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4047

Actions (login required)

View Item View Item