PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM TEKS NONFIKSI SISWA KELAS VII-C SMPN 21 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011

SETYORINI, WINDHA YULI (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM TEKS NONFIKSI SISWA KELAS VII-C SMPN 21 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang masih dianggap sulit bagi siswa kelas VII-C semester I SMPN 21 Mataram tahun 2011,terutama yang berkaitan dengan kemampuan membaca pemahaman dalam teks nonfiksi, khususnya pada materi menemukan kata-kata bersinonim beserta maknanya. Hal ini terlihat dari rendahnya prestasi belajar siswa yang masih berada di bawah standar KKM yang ditetapkan sebesar 51. Masalah rendahnya prestasi siswa tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan guru tidak menciptakan iklim belajar PAKEM. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan menurunnya prestasi belajar siswa yang dipandang cukup efektif adalah merancang dan menerapkan model pembelajaran “Word Square”. Oleh karena itu skripsi dalam bentuk laporan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam teks nonfiksi siswa kelas VII-C SMP Negeri 21 Mataram pada tahun pelajaran 2011. Pengambilan data dikumpulkan melalui instrumen tes berupa tes awal dan tes akhir sedangkan nontes berupa lembar observasi guru, siswa, dan angket/kuesioner. Data yang terkumpul dari lembar observasi dan angket/kuesioner dianalisis dengan metode kualitatif, sedangkan data dari instrumen tes hasil belajar dianalisis dengan metode kuantitatif. Dari hasil analisis terbukti adanya peningkatan yang signifikan tentang prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dari siklus I sampai siklus II seperti tampak pada hasil analisis evaluasi akhir pembelajaran. Jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum tindakan penelitian mencapai 8 orang siswa atau 33,33 %, dan sesudah tindakan ketuntasan mencapai 22 orang siswa atau 91,67 %. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa sebesar 58,34 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam teks nonfiksi siswa kelas VII-C SMP Negeri 21 Mataram adalah dengan menggunakan model pembelajaran Word Square.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Word square, kemampuan membaca pemahaman, teks nonfiksi,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 May 2018 04:52
Last Modified: 21 May 2018 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item