PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN PEMANFAATAN METODE DISKUSI MODEL KEPALA BERNOMOR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM

MUSTIADI, MUSTIADI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN PEMANFAATAN METODE DISKUSI MODEL KEPALA BERNOMOR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.IIIrtf.rtf

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV (Recovered).rtf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Pemanfaatan Metode Diskusi Model Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VIII SMPN 11Mataram. Pokok permasalahannya adalah, bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram dari segi proses dan hasil?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram dengan pemanfaatan metode diskusi model kepala bernomor. Karena penelitaian ini adalah penelitian tindakan kelas, langkah-lanhgkah pelaksanaan tindakan dilakukan dengan tiga tahap secara ulang (sebagai siklus) yaitu mulai dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta evaluasi dan refleksi. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan metode diskusi model kepala bernomor pada pembelajaran menyampaikan laporan keadaan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas VIII A SMPN 11 Mataram. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II yaitu 77 dan 85 dengan kriteria baik dan baik. Berdasarkan hasil di atas, diketahui bahwa peningkatan aktivitas yang terjadi dari siklus I dan II yaitu mencapai 8%. (2) Pemanfaatan metode diskusi model kepala bernomor pada pembelajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII A SMPN 11 Mataram. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa pada siklus I dan II yaitu 72.2 dan 77.15 dengan ketuntasan belajar masing-masing mencapai 80% pada siklus I dan 97% pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas diketahui bahwa peningkatan nilai rata-rata kemampuan berbicra siswa dari siklus I dan II yaitu mencapai 5.05% dengan ketuntasan mencapai 17%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan, kemampuan berbicara dan metode diskusi model kepala bernomor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 May 2018 03:50
Last Modified: 22 May 2018 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item View Item