Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Buruh Dan Strategi Adaptasi Yang DilakukanDalam Pemenuhan Kebutuhan Pokok Pada Saat Musim Barat (Studi Kasus di Desa Sekotong Barat Kabupaten Lombok Barat).

Husni, Syarif (2020) Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Buruh Dan Strategi Adaptasi Yang DilakukanDalam Pemenuhan Kebutuhan Pokok Pada Saat Musim Barat (Studi Kasus di Desa Sekotong Barat Kabupaten Lombok Barat). Agrimansion, 20 (1). pp. 34-47. ISSN 1411-8262

[img]
Preview
Text
318-Article Text-456-2-10-20200519.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: http://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/arti...

Abstract

Nelayan buruh merupakan struktur komunitas nelayan yang memilki tingkat sosial ekonomi yang paling miskin. Nelayan buruh tidak memiliki aset perikanan dan hanya mengandalkan tenaga untuk memperoleh pendapatan dari pembagian hasil dengan nelayan pemilik. Padasaatmusim barat (paceklik) nelayan buruh aktifitasmelaut sangatterbatas, sehinggaperlu strategi adaptasi untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.Tujuan penelitian: menganalisis tingkat pendapatan rumah tangga nelayan buruh pada musim barat dan mengetahui strategi adaptasi yang dilakukan rumah tangganelayan buruh dalam pemenuhan kebutuhan pokok pada musim barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifdan teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey. Responden dipilih sebanya 60 rumah tangga nelayan buruh secara random sampling.Hasil penelitian menunjukkan: a) Pendapatan rumah tangga nelayan buruh pada musim barat adalah Rp 1.442.667,dan b) strategi adaptasi yang dilakukan rumah tangga nelayan buruh dalam pemenuhan kebutuhan pokok pada musim barat adalah nelayan buruh bekerjadi luar perikanan, memanfaatkan anggota keluarga untuk mencari nafkah, melakukan arisan, menarik simpanan (tabungan), meminjam kepada tetangga, meminjam kepada juragan (pemilik perahu), meminjam kepada koperasi, dan menjual aset rumah tangga.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): nelayan buruh, stategi adaptasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Syarif Husni , M. Si
Date Deposited: 01 Jul 2023 09:17
Last Modified: 01 Jul 2023 09:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40678

Actions (login required)

View Item View Item