Hasil Turnitin Tingkat Kerusakan Kawasan Mangrove di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Journal of Forest Science Avicennia

Permatasari, Diah and Idris, Muhamad Husni and Aji, Irwan Mahakam Lesmono (2022) Hasil Turnitin Tingkat Kerusakan Kawasan Mangrove di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Journal of Forest Science Avicennia. FPP University of Muhammadiyah Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2022_Tingkat_Kerusakan_Kawasan_Mangrove.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kawasan mangrove di Kecamatan Lembar merupakan bagian dari kawasan ekosistem essensial (KEE) koridor mangrove Teluk Lembar. Aktivitas pembangunan dan pemanfaatan kawasan mangrove yang kurang memperhatikan kaidah lingkungan dapat berdampak pada kerusakan kawasan mangrove. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kerusakan kawasan mangrove di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Penentuan tingkat kerusakan kawasan mangrove menggunakan sistem informasi geografis dan penginderaan jauh dengan menggunakan tiga ktiteria yaitu jenis penggunaan lahan, kerapatan mangrove dan ketahanan tanah terhadap erosi. Metode yang digunakan dalam analisis tingkat kerusakan yaitu metode skoring. Berdasarkan hasil penelitian, jenis penggunaan lahan di kawasan mangrove didominasi oleh silvofishery dan kebun, kerapatan mangrove didominasi oleh kerapatan sedang dan jenis tanah didominasi oleh tanah Regosol yang merupakan jenis tanah peka terhadap erosi. Tingkat kerusakan kawasan mangrove di Kecamatan Lembar didomiasi oleh kondisi rusak sekitar 57% atau 64,52 Ha yang tersebar di Desa Lembar Selatan seluas 50,4 Ha, Desa Labuan Tereng 1,62 Ha dan Desa Eyat Mayang 12,55 Ha. Selain itu, kondisi kawasan mangrove yang rusak berat sekitar 22% atau 24,51 Ha dan tidak rusak sekitar 21% atau 24,18 Ha.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Mangrove, Tingkat Kerusakan, Sistem Informasi Geografis
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Irwan Mahakam Lesmono Aji
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:41
Last Modified: 03 Jul 2023 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40747

Actions (login required)

View Item View Item