PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE SIMULASI LOMBA PIDATO SISWA KELAS X-A MA DAKWAH ISLAMIYAH (DI) PUTRA NURUL HAKIM KEDIRI TAHUN PELAJARAN 20112012

S A H A B U D I N, S A H A B U D I N (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE SIMULASI LOMBA PIDATO SISWA KELAS X-A MA DAKWAH ISLAMIYAH (DI) PUTRA NURUL HAKIM KEDIRI TAHUN PELAJARAN 20112012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB III .doc
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Aspek vital dari kemampuan berbahasa adalah kemampuan berbicara, karena bahasa pada hakekatnya bersifat sosial, maka hasil penelitian bahasa yang terpenting adalah kemampuan siswa menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah pokok yang dibahasa dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode simulasi lomba pidato dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X-A MA DI Putra Nurul Hakim Kediri setelah penerapan metode simulasi lomba pidato. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan metode simulasi lomba pidato siswa kelas X-A MA DI Putra Nurul Hakim Kediri tahun pelajaran 20112012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A MA DI Putra Nurul Hakim Kediri tahun pelajaran 20112012 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri atas 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan mulai dari: 1) tahap perencanaan tindakan, 2) tahap pelaksanaan tindakan, 3) tahap observasi, dan 4) tahap evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dan rumus ketuntasan belajar (klasikal). Indikator dalam penelitian ini berpedoman pada konversi penilaian skala 1- 5. Untuk memperoleh keabsahan data (kredibilitas data), dilakukan dengan memperpanjang kehadiran peneliti di lapangan dan dengan observasi mendalam. Berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa yaitu pada siklus I tergolong cukup baik dan pada siklus II tergolong baik. Sedangkan skor rata-rata dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 9,78 dan 60,71% , dan pada siklus II adalah 11,14 dan 85,71%. Dengan demikian kriteria ketuntasan belajar tercapai dengan peningkatan sebesar 25,00. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode simulasi lomba pidato dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X-A MA DI Putra Nurul Hakim Kediri tahun pelajaran 20112012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode simulasi lomba pidato
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 May 2018 06:07
Last Modified: 22 May 2018 06:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4078

Actions (login required)

View Item View Item