PENGARUH KONSENTRASI BUBUK ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera linn) DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BANDENG PRESTO ASAP

Dr. Ir. Satrijo, Saloko, MP. (2017) PENGARUH KONSENTRASI BUBUK ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera linn) DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BANDENG PRESTO ASAP. PENGARUH KONSENTRASI BUBUK ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera linn) DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BANDENG PRESTO ASAP, 5 (1). pp. 348-359.

[img]
Preview
Text
diahajengs,+Journal+manager,+8.+ELYA+HERWATI+oke.pdf

Download (512kB) | Preview
Official URL: https://jrpb.unram.ac.id/index.php/jrpb/article/vi...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi bubuk asap cair tempurung kelapa (Cocos nucifera linn) dan lama penyimpanan beserta interaksinya dalam mempertahankan kualitas bandeng presto asap. Kualitas kimia berdasarkan pada kadar air dan kadar protein kasar, sedangkan kualitas organoleptik berdasarkan pada warna, aroma, tekstur dan rasa. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan percobaan faktorial terdiri atas dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi bubuk asap cair 0%, 5% dan 10%, sedangkan faktor kedua adalah lama penyimpanan hari ke-0, ke-2 dan ke-4 pada suhu ruang. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengasapan dengan konsentrasi bubuk asap cair yang berbeda dan lama penyimpanan yang berbeda dapat mempengaruhi kualitas kimia dan organoleptik bandeng presto asap. Ditunjukkan juga bahwa hasil interaksi keduanya memiliki pengaruh nyata (p<0,05) terhadap kualitas kimia bandeng presto asap dan menunjukkan pola kecendrungan dengan pola linier (kadar air 55,03% – 62,91% dan kadar protein kasar 28,66% – 34,00%). Berdasarkan uji organoleptik, konsentrasi bubuk asap cair 5% dan lama penyimpanan 2 hari adalah kombinasi terbaik yang dapat mempertahankan kualitas bandeng presto asap.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): bandeng presto asap, bubuk asap cair, lama penyimpanan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:55
Last Modified: 04 Jul 2023 06:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40801

Actions (login required)

View Item View Item