ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI MINAPADI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI DESA PESANGGRAHAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Erpi, Indriani (2023) ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI MINAPADI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI DESA PESANGGRAHAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_ERPI INDRIANI_Analisis Pendapatan Usahatani Minapadi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya di .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_ERPI INDRIANI_Analisis Pendapatan Usahatani Minapadi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya di .pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui tingkat pendapatan petani minapadi di Desa Pesanggrahan Kabupaten Lombok Timur; dan (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan minapadi di Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani padi yang menerapkan mina padi di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Montong Gading, Desa Pesanggrahan. Daerah sampel yaitu Desa Pesanggrahan ditetapkan secara Purposive dengan 4 dusun dipilih, yaitu Dusun Joben, Dusun Bangle Utara, Dusun Bangle dan Dusun Lunggu atas dasar pertimbangan letak geografis yang lebih dekat dengan situs mata air pemandian otak kokok joben dan dengan irigasi yang baik. Responden dalam penelitian ini adalah petani yang menerapkan minapadi. Penentuan jumlah responden petani dalam penelitian ini ditentukan dengan metode snowball sampling, yaitu 40 responden petani aktif yang diwakili 10 orang tiap Dusun yang dipilih. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Variabel yang diteliti dan diukur dalam penelitian ini adalah biaya, produksi, dan pendapatan. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis biaya, penerimaan, pendapatan, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan yaitu: (1) Pendapatan petani minapadi di Desa Pesanggrahan Kabupaten Lombok Timur permusim tanam yaitu rata-rata sebesar Rp 33.904.443,41/Ha/MT. (2) Ditemukan hasil yang signifikan dikarenakan besar atau kecilnya luas lahan akan mempengaruhi pendapatan petani, semakin besar luas lahan yang dimiliki maka pendapatan petani pun akan lebih besar, begitupun sebaliknya. Terdapat tiga variabel yang digunakan oleh peneliti tidak signifkan atau tidak memiliki pengaruh terhadap pendapatan. Variabel tersebut adalah umur, tingkat pendidikan dan lama pengalaman berusahatani minapadi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Petani, Usahatani Minapadi, Pendapatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:56
Last Modified: 04 Jul 2023 06:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40825

Actions (login required)

View Item View Item