KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU KAMBING PE DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK DAUN DALUMAN (Cyclea barbata) SEBAGAI PENGEMULSI ALAMI

HIMATUL, ULIYA (2023) KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU KAMBING PE DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK DAUN DALUMAN (Cyclea barbata) SEBAGAI PENGEMULSI ALAMI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HIMATULUIYA (B1D019098).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL HIMATUL ULIYA (B1D019098).pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Daun daluman merupakan bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai campuran es krim yang mampu menghasilkan gel dan polifenol serta flavonoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun daluman yang digunakan dalam menentukan karakteristik fisik dan organoleptik es krim susu kambing PE. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu perbandingan ekstrak daun daluman 0%, 15%, 20% dan 25%. Data hasil penelitian dianalisa dengan analisis keragaman (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian level konsentrasi ekstrak daun daluman yang berbeda menghasilkan nilai organoleptik (rasa, warna, aroma dan tekstur) es krim susu kambing PE pada masing-masing perlakuan sebagai berikut: pada parameter rasa mempunyai skor berkisar 3,32-4,00 (agak suka sampai suka); warna mempunyai skor 3,20-4,08 (agak suka sampai suka); aroma mempunyai skor 3,16- 3,80 (agak suka) sedangkan untuk tekstur mempunyai skor 2,72-4,00 (tidak suka sampai suka). Simpulan: penambahan ekstrak daun daluman dengan level konsentrasi yang berbeda menghasilkan nilai organoleptik (rasa, warna, aroma dan tekstur) es krim susu kambing PE relatif sama, yaitu disukai oleh panelis. Sedangkan nilai uji resistensi/daya leleh semakin tinggi ekstrak daun daluman yang diberikan dapat mempertahankan daya leleh es krim, dengan nilai viskositas yang tidak konstan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Daun Daluman, Es Krim, Organoleptik, Fisik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:16
Last Modified: 04 Jul 2023 08:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40834

Actions (login required)

View Item View Item