B25 -KARAKTERISTIK SENSORI EKSTRAK DAUN SAN-SAKNG ( ALBERTISIA PAPUANA BECC.) DENGAN PENAMBAHAN NaCl DIBERBAGAI KONSENTRASI PADA PANELIS SEMI TERLATIH

Eva, Mayasari and Oke, Anandika Lestari and Satrijo, Saloko and Maria, Ulfa B25 -KARAKTERISTIK SENSORI EKSTRAK DAUN SAN-SAKNG ( ALBERTISIA PAPUANA BECC.) DENGAN PENAMBAHAN NaCl DIBERBAGAI KONSENTRASI PADA PANELIS SEMI TERLATIH. Jurnal Ilmiah Teknosains. ISSN "p-ISSN 2460-9986 e-ISSN 2476-9436"

[img]
Preview
Text
B25.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan proporsi terbaik penambahan NaCl pada ekstrak daun san-sakng (Albertisia papuana Becc.) yang dapat menghasilkan akseptibilitas tertinggi oleh panelis semi terlatih. Objek penelitian ini adalah ekstrak daun san-sakng dengan penambahan NaCl sebesar 0,2 %, 0,4%, 0,6%, dan 0,8%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan karakteristik ekstrak daun san-sakng meliputi perhitungan rendemen, total padatan terlarut, analisa asam amino glutamat bebas, dan uji sensoris dengan beberapa tahapan yaitu seleksi panelis, uji stimulus rasa dasar, pelatihan panelis, dan uji kesukaan atribut rasa. Hasil pengamatan pada ekstrak daun san-sakng adalah rendemen sebesar 3,6 %, total padatan terlarut sebesar 4,8 °Brix, dan kadar asam amino glutamat bebas sebesar 21,43 mg/gr. Hasil uji kesukaan atribut rasa pada panelis semi terlatih menunjukkan bahwa perlakuan ekstrak daun san-sakng dengan penambahan 0,6% NaCl sebesar 4,8 (suka), dimana berdasarkan uji Duncan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap perlakuan yang ditambahkan NaCl dengan konsentrasi 0,2%, 0,4%,0,8%.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Albertisia papuana Becc, ekstrak daun san-sakng, NaCl, panelis semi terlatih, sensori
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Dr. Ir. Satrijo Saloko , MP.
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:31
Last Modified: 06 Jul 2023 00:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40860

Actions (login required)

View Item View Item