ANALISIS PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI: PERSPEKTIF BEHAVIORISME B. F. SKINNER

Emilda Sulistiya, Safitri (2023) ANALISIS PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI: PERSPEKTIF BEHAVIORISME B. F. SKINNER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori berdasarkan perspektif Behaviorisme B.F. Skinner. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori guna mengetahui stimulus dan respon yang dialami oleh tokoh utama dengan perspektif behaviorisme B. F. Skinner. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan dalam novel yang mengandung perilaku tokoh utama . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Metode analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah perilaku tokoh utama terbentuk karena pengaruh llingkungan yang dapat diamati melalui stimulus dan respon dari tokoh utama, baik berupa stimulus terkondisi maupun tak terkondisi. Stimulus tersebut menimbulkan respon – respon dari tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori Dengan adanya stimulus dan respon tersebut maka dapat diamati perilaku tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dengan perspektif behaviorisme Skinner.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku, Tokoh Utama, Behaviorisme Skinner
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:01
Last Modified: 05 Jul 2023 08:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40877

Actions (login required)

View Item View Item