PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 2 KATENG TAHUN AJARAN 2010/2011

NASIR, LALU ZAENUDIN (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 2 KATENG TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi lalu Zaenudin Nasir.docx
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru kelas II SDN 2 Kateng Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah bahea kemampuan membaca siswa kelas II Masih rendah dan belum mencapai KKm ynag telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75%, hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa pada saat tes membaca yang telah dilakukan guru pada saat evaluasi. Bahkan hal ini berdampak pada siswa yang telah berada di kelas III karena masih banyak yang ditemukan anak yang masih belum bisa membaca. Rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca tidak terlepas dari peran guru yang hanya mengandalkan metode ceramah dan jarang menggunakan media, sehingga siswa bosan dalam belajar. Media dalam pembelajaran sangatlah dibutuhkan untuk lebih mengaktifkan dan memotivasi siswa dalm pembelajaran sehingga suasana belajar bisa terwujud seperti yang diharapkan, media yang cocok yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN 2 Kateng adalah media kartu kata Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menigkatkan kemampuan membaca siswa kelas II dengan menggunakan kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN II Kateng kecamatam Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pada hakekatnya merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru pada saat mengajar, Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Kateng, 30 orang siswa, sedangkan langkah penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : tahap perencanaan, tindakan, dan observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 62,50% dan ketuntasan klasikal sebesar 70,00% kategori cukup aktif dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75,00% dan ketuntasan klasikal sebesar 86,66 kategori aktif dengan peningkatan aktivitas siswa 12,50% dan hasil evaluasi mengalami peningkatan sebesar16,66%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas II SDN 2 Kateng Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menggunakan Media kartu huruf mengalami peningkatan dan diharapkan kepada guru untuk disetiap pembelajaran menggunakan media sebagai penunjang guna terwujud hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan Membaca , Kartu Huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 May 2018 06:03
Last Modified: 22 May 2018 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item