PERANCANGAN DAN SIMULASI HEAT EXCHANGER TIPE SHELL AND TUBE DENGAN VARIASI DIAMETER TUBE DAN SUSUNAN TUBE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Adji Surya Pratama, Putra (2023) PERANCANGAN DAN SIMULASI HEAT EXCHANGER TIPE SHELL AND TUBE DENGAN VARIASI DIAMETER TUBE DAN SUSUNAN TUBE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR - F1C019007 ADJI SURYA PRATAMA PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
PAPER TA - F1C019007 ADJI SURYA PRATAMA PUTRA.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Heat exchanger memiliki berbagai jenis desain model, salah satu contohnya yaitu heat exchanger tipe shell and tube. Alat ini berguna untuk menaikkan ataupun menurunkan temperature. Salah satu kegunaanya yaitu pada industri pembangkit listrik tenaga air sebagai oil cooler bearing. Pada tugas akhir ini, penulis akan melakukan penelitian tentang perancangan heat exchanger shell and tube dengan dua fluida yang berbeda. Dalam penelitian ini dilakukan variasi susunan tube dan diameter tube pada heat exchanger shell and tube yang nantinya akan disimulasikan menggunakan computational fluid dynamics (CFD). Di sisi shell, fluida kerja berupa minyak pelumas yang memiliki suhu 590C dimasukkan dengan laju aliran massa 0,2 kg/s. Pada sisi tube, fluida kerja berupa air yang memiliki suhu 260C dengan laju aliran massa 0,5 kg/s. Setelah dilakukan perancangan, kemudian dilakukan unjuk kerja alat penukar kalor dengan variasi susunan tube square, triangular, rotated square, rotated triangular dan diameter luar tube yaitu 25 mm dan 27,5 mm. Dasi hasil perhitungan perancangan diperoleh ukuran diameter dalam shell yaitu 325 mm, panjang shell yaitu 1000 mm, jumlah tube yaitu 61 dan 55. Hasil simulasi menunjukkan nilai tertinggi nilai koefisien perpindahan panas menyeluruh terdapat pada susunan tube square dengan jumlah tube 61 sebesar 112,15 W/m2 .K dan terendah terdapat pada susunan tube triangular dengan jumlah tube 55 sebesar 105,5 W/m2 .K. Nilai pressure drop tertinggi terdapat pada susunan tube rotated square dengan jumlah tube 61 pada bagian tube sebesar 0,9494 psi dan terendah pada susunan tube rotated square dengan jumlah tube 55 sebesar 0,5151 psi. Untuk pressure drop bagian shell nilai tertinggi terdapat pada susunan rotated triangular dengan jumlah tube 55 sebesar 0,1523 psi dan nilai terendah terdapat pada susunan tube rotated squre dengan jumlah tube 61 sebesar 0,1013 psi. Hasil penelitian dari kajian terhadap unjuk kerja alat penukar kalor dengan variasi susunan tube dan diameter tube sangat berpengaruh pada nilai koefisien perpindahan kalor dan pressure drop.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): heat exchanger shell and tube, bearing, perancangan, koefisien perpindahan panas, pressure drop
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:01
Last Modified: 06 Jul 2023 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40904

Actions (login required)

View Item View Item