TRADISI MANDI PENGANTIN DALAM ADAT PERKAWINAN SUKU SASAK (Studi di Dusun Limbungan, Desa Perigi, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur)

RIZKA, MAULIDA (2023) TRADISI MANDI PENGANTIN DALAM ADAT PERKAWINAN SUKU SASAK (Studi di Dusun Limbungan, Desa Perigi, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZKA MAULIDA E1B019182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img]
Preview
Text
jurnal rizka maulida E1B019182.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Tradisi Mandi Pengantin dalam Adat Perkawinan Suku Sasak merupakan tradisi yang terus menurus dilaksanakan dan dilestarikan oleh Masyarakat Desa Perigi, Dusun Limbungan setelah melangsungkan akad nikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Tradisi Mandi Pengantin dan makna yang terkandung dalam Tradisi Mandi Pengantin dalam Adat Perkawinaan Suku Sasak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitataif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Masyarakat Desa Perigi, Dusun Limbungan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa Tradisi mandi pengantin dilaksankan dalam beberapa tahapan proses pelaksanan antaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutup. Tahap persiapan pihak keluarga menyaiapakan alat maupun bahan yang dibutuhkan saat tradisi mandi pengantin. Tahap pelaksanaan diantaranya pengantin menggunakan kemben (kain), diiringi gendang beleq, menginjak ancak, juru mandi pengantin mengusapkan air ke kepala kedua pengantin, kelapa parut, beras dan kunyit di usapkan ke kepala pengantin, memecahkan kemiri sebanyak tujuh kali secara bergiliran, memecahkaan tepurung kelapa, memecahkan anak mambu, kunyit menggunakan kapak dan meremas telur bersamaan, menyiramkan air, terakhir makan berdua didalam ruangan. Adapun makna yang terkadung di dalam alat, bahan dan aktivitas pada tradisi mandi pengantin, sesuai dengan kenyakinan Masyarakat Desa Perigi Dusun Limbungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mandi Pengantin.Perkawinan, Suku Sasak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:01
Last Modified: 06 Jul 2023 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40906

Actions (login required)

View Item View Item