HARMONISASI SOSIAL PADA MASYARAKAT AGAMA ISLAM DAN HINDU (Studi: Desa Taman Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat)

KHA, DIJAH (2023) HARMONISASI SOSIAL PADA MASYARAKAT AGAMA ISLAM DAN HINDU (Studi: Desa Taman Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KHADIJAH (E1B019087).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_KHADIJAH(E1B019087)-FIKSS.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal sebagai bangsa yang majemuk karena tersusun atas masyarakat yang beragam. Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia resmi menganut 6 agama yaitu agama Islam, Hindu, Budha, Kristen Katolik, Kristen Protestan, dan Konghucu. Keberagaman ini dapat menjadi kekuatan dan ciri khas bangsa Indonesia di dunia internasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui harmonisasi sosial dan faktor penyebab terjadinya harmonisasi sosial antar ummat beragama di Desa Taman Sari, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harmonisasi sosial antar ummat beragama yang ada di Desa Taman Sari terbagi kedalam 3 bentuk yaitu harmonisasi sosial intern ummat beragama, harmonisasi sosial antar ummat beragama, dan harmonisasi sosial antar ummat beragama dengan pemerintah. Cara masyarakat dalam menjaga harmonisasi sosial antar ummat beragama yaitu dengan saling menghargai dan menghormati atas adanya perbedaan keyakinan yang ada. Adapaun faktor penyebab terjadinya harmonisasi sosial antar ummat beragama di Desa Taman Sari yaitu ada 2 yakni sikap toleransi dan adanya anjuran khusus dari tokoh agama masing-masing untuk menjaga toleransi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Harmonisasi Sosial, Ummat Beragama, Desa Taman Sari
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:36
Last Modified: 07 Jul 2023 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40909

Actions (login required)

View Item View Item