ANALISIS GAYA PENGEREMAN YANG DIBUTUHKAN PADA MOBIL LISTRIK FAKULTAS TEKNIK UNRAM DENGAN VARIASI KECEPATAN DAN BEBAN KENDARAAN

SAPRUL, AZIS (2023) ANALISIS GAYA PENGEREMAN YANG DIBUTUHKAN PADA MOBIL LISTRIK FAKULTAS TEKNIK UNRAM DENGAN VARIASI KECEPATAN DAN BEBAN KENDARAAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR SAPRUL AZIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal-Saprul Azis-F1C018060.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Direktur Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan Darat, hampir tiga kasus kecelakaan terjadi setiap jam di Indonesia. Persentase volume kecelakaan cukup besar di atas 50-70 persen dan 30 persen dari kecelakaan terjadi diakibatkan oleh kurangnya perfoma sistem rem. Kecelakaan juga sering terjadi di karenakan terlalu cepatnya laju kendaraan sehingga jarak pengeraman tidak cukup dan kurang memahami karakteristik pengereman pada kendaraan yang dikendarai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa jarak, waktu, dan gaya pengereman yang dibutuhkan untuk mobil listrik yang bergerak sampai berhenti dengan variasi kecepatan dan beban kendaraan serta untuk mengetahui sistem rem yang digunakan masih relevan atau tidak. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen dimana mobil listrik fakultas Teknik Unram dengan cara mobil dijalankan dengan memvariasikan kecepatan dan beban kendaraan untuk mendapatkan waktu dan jarak pengereman serta melakukan analisis data yang didapat. Nilai jarak pengereman terpendek yaitu pada pengereman dengan kecepatan 20 km/jam dengan beban kendaraan 950 kg yaitu sebesar 4,39 meter. Nilai jarak pengereman terpanjang yaitu pada pengereman dengan kecepatan 40 km/jam dengan beban kendaraan 1050 kg yaitu sebesar 14,78 meter. Nilai waktu pengereman tercepat yaitu pada pengereman dengan kecepatan 20 km/jam dengan beban kendaraan 950 kg yaitu sebesar 1,97 detik. Nilai waktu pengereman terlama yaitu pada pengereman dengan kecepatan 40 km/jam dengan beban kendaraan 1050 kg yaitu sebesar 2,76 detik. Nilai gaya pengereman terkecil yaitu pada pengereman dengan kecepatan 20 km/jam dengan beban kendaraan 1050 kg yaitu sebesar 2098,36 N. Nilai gaya pengereman terbesar yaitu pada pengereman dengan kecepatan 40 km/jam dengan beban kendaraan 950 kg yaitu sebesar 4132,65 N

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengereman, Jarak pengereman, Gaya pengereman.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:54
Last Modified: 10 Jul 2023 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40924

Actions (login required)

View Item View Item