PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA TERHADAP PEKERJA YANG MELAKUKAN KERJA LEMBUR DI CV. ARSHAKA RAYA BERDASARKAN HUKUM POSITIF INDONESIA

AZOLLA ESCHA, HIDAYAT (2023) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA TERHADAP PEKERJA YANG MELAKUKAN KERJA LEMBUR DI CV. ARSHAKA RAYA BERDASARKAN HUKUM POSITIF INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AZOLLA ESCHA HIDAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AZOLLA ESCHA HIDAYAT.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan tanggung jawab pengusaha terhadap pekerja yang melakukan kerja lembur berdasarkan hukum positif Indonesia dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tanggung jawab pengusaha terhadap pekerja yang melakukan kerja lembur. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tanggung jawab terhadap pekerja yang melakukan kerja lembur di CV Arshaka Raya tidak menerapkan semua peraturan yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dimana pekerja yang harusnya diberikan uang lembur perjam sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan namun pada kenyataannya upah lembur yang diberikan disesuaikan dengan banyaknya project yang mereka kerjakan. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tanggung jawab pengusaha terhadap pekerja yang melakukan kerja lembur yaitu kurangnya kesadaran dari pihak pemberi kerja dan penerima kerja akan betapa pentingnya memberikan tanggung jawab penuh terhadap terhadap pekerja yang melakukan kerja lembur sehingga dapat mendukung dan menopang kemajuan dari kualitas pekerja itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pekerja, Upah Lembur, Tanggung Jawab
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:20
Last Modified: 10 Jul 2023 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40937

Actions (login required)

View Item View Item