EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN TEKNIK 3M (MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN) PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSNAWIYAH PESANTREN ALAM SAYANG IBU

NURAISAH MAULIDA, ADNANI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN TEKNIK 3M (MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN) PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSNAWIYAH PESANTREN ALAM SAYANG IBU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nuraisah Maulida Adnani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Nuraisah Maulida Adnani.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah salah satu aspek keterampilan bahasa Indonesia, terlebih menulis teks narasi yang dapat melatih imajinasi penulis. Berkaitan dengan hal itu, Madrasah Tsanawiyah Pesantren Alam Sayang Ibu tidak menggunakan pembelajaran bahasa Indonesia secara kaku seperti di sekolah-sekolah lain, hal tersebut diganti menjadi PBB (Pizza Before Bed). Dinamakan seperti itu karena pembelajaran ini dilaksanakan terakhir sebelum para siswa tidur. Oleh karena itu, guna menguji efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan teknik 3M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mana data-data digolongkan dengan nilai-nilai sesuai kategori. Subyek berjumlah 20 siswa kelas VII, 10 laki-laki, dan 10 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan pre-eksperimen one grup pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pretest memperoleh nilai 77,13 dan rata-rata posttest memperoleh nilai 97,48. Hasil peningkatan sebesar 20% menunjukkan adanya efektivitas pembelajaran teks narasi menggunakan teknik 3M

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): efektivitas, teknik 3M, bahasa Indonesia, madrasah alam sayang ibu.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:16
Last Modified: 11 Jul 2023 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40972

Actions (login required)

View Item View Item