PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP IDENTITAS ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA INDONESIA

RINI WALMULIANA, PUTRI (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP IDENTITAS ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RINI WALMULIANA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RINI WALMULIANA PUTRI.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum terhadap identitas anak yang disebarkan melalui media sosial serta untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap identitas anak sebagai pelaku tindak pidana. Skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau bahan sekunder yang akan dikumpulkan dan dianalisa dan diteliti. Penelitian ini mengandung teori-teori yang diperoleh dari bahan pustaka. Hasil penelitian ini adalah pengaturan terkait identitas anak yang disebarkan melalui media sosial termuat pada Pasal 19 Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak, identitas anak wajib dirahasiakan dalam berbagai media termasuk media sosial, pengaturan lainnya termuat dalam Pasal 64 i UndangUndang Nomor 35 Tahun 2014 terkait dengan penghindaran publikasi terhadap identitas anak. Bentuk perlindungan hukum terhadap identitas anak pelaku tindak pidana yang disebarkan melalui media sosial, sesuai dengan ketentuan UndangUndang Perlindungan anak bahwasannya anak berhak untuk memperoleh bantuan hukum, membela diri dan mendapatkan keadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum; Identitas Anak; Media Sosial.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:16
Last Modified: 11 Jul 2023 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40975

Actions (login required)

View Item View Item