Analisis Proses Pembelajaran Membaca Puisi dengan Teknik Membaca Berpasangan Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Bayan

Dewi, Ni Luh Putu Eka Purnama (2011) Analisis Proses Pembelajaran Membaca Puisi dengan Teknik Membaca Berpasangan Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Bayan. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi lengkap.doc
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Dari uraian di atas tentang keterampilan membaca puisi dengan teknik membaca berpasangan, dapat diperoleh simpulan sebagai berikut : 1. Teknik membaca berpasangan yang didukung oleh keseriusan siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan katerampilan membaca puisi, sehingga dapat dijadikan alternatif pendekatan pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII.I SMP Negeri 1 Bayan. 2. Teknik membaca berpasangan tidak hanya mendukung peningkatan keterampilan membaca puisi, tetapi dapat meningkatkan kreativitas siswa. 3. Nilai rata-rata tiap aspek mengalami peningkatan : (1) aspek tema dari rata-rata 49,33 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 74,07 pada siklus II, (2) aspek bunyi, dengan rata-rata 46 pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 74,07 pada siklus II, (3) aspek diksi, dengan nilai rata-rata 50,66 pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 80 pada siklus II, (4) aspek tempo, yaitu dengan nilai rata-rata 77,33 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 91,85. 4. Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari 61,5 atau 30% pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,33 atau 88,89% secara klasikal. 5. Hasil observasi kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dalam kegiatan observasi ini mencakup dua kegiatan, yakni kegiatan guru dan kegiatan siswa. Kegiatan guru mencakup beberapa kegiatan yakni guru melaksanakan kegiatan dengan tepat waktu, melaksanakan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu belajar yang direncanakan, menguasai kelas, mengaitkan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan munculnya kegiatan positif, menggunakan metode pembelajaran yang tepat, memberikan penjelasan atau petunjuk yang berkaitan dengan materi pembelajaran, memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat secara langsung dalam pembelajaran, memberikan motovasi atau penghargaan. Kegiatan siswa mencakup aktivitas belajarnya, aktif mengeluarkan pendapat atau ide, antusias dalam bertanya, aktif maju ke depan kelas untuk membaca puisi, dan aktif menjawab pertanyaan yang diajukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca puisi aktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 May 2018 06:02
Last Modified: 22 May 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4098

Actions (login required)

View Item View Item