ISOLASI SENYAWA KAFEIN PADA KULIT BUAH KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) DAN KULIT BUAH KOPI ARABIKA (Coffea arabica) YANG TUMBUH DI PULAU LOMBOK

HURNI, ATI (2023) ISOLASI SENYAWA KAFEIN PADA KULIT BUAH KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) DAN KULIT BUAH KOPI ARABIKA (Coffea arabica) YANG TUMBUH DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HURNIATI_ SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
HURNIATI_ ARTIKEL.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Tanaman kopi yang dominan dibudidayakan di Lombok adalah jenis kopi robusta dan arabika, produktivitas kedua jenis kopi ini sangat melimpah. Produktivitas kopi yang terus meningkat membuat limbah dari ulit kopi seamkin tinggi. Limbah kulit kopi memiliki potensi jika diolah kembali menjadi sebuah produk karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Kulit buah kopi yang juga mengandung kafein ini, belum banyak dimanfaatkan secara maksimal, hanya sebagian kecil yang telah dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk kompos. Penelitian bertujuan untuk mengisolasi senyawa kafein yang terdapat pada kulit buah kopi robusta dan kulit buah kopi arabika, serta untuk mengetahui kadar kafein yang terdapat didalamnya. Analis kuantitatif hasil isolasi senyawa kafein yang didapatkan sebanyak sebanyak 0,7 g dengan persen rendemen sebesar 0,7 % pada sampel kulit buah kopi robusta dan 0,28 g dengan persen rendemen sebesar 0,28 % pada sampel kulit buah kopi arabika. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan uji FTIR diperoleh Puncak yang melebar pada bilangan gelombang 3443 cm-1 yang merupakan vibrasi dari -OH. Puncak lain juga terlihat jelas pada bilangan gelombang 2954 cm-1 yang merupakan vibrasi dari C-H. Pada bilangan gelombang 1664 cm-1 memperlihatkan adanya puncak yang tajam yang merupakan vibrasi dari C=C. Hasil GC-MS diperoleh luas area sebesar 79,93 % untuk kulit kopi robusta dan 75,53 % pada kulit kopi arabika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): robusta, arabika, kulit kopi, kafein, rendemen, kualitatif
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:13
Last Modified: 11 Jul 2023 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40995

Actions (login required)

View Item View Item