DEWI, SHINTA MUTIARA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHBERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAPPENGUASAANKONSEP DAN KREATIVITAS FISIKASISWA KELAS X SMAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL JPFT SHINTA MUTIARA DEWI.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual untuk siswa kelas X SMAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design pada materi gelombang elektromagnetik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data penguasaan konsep dan kreativitas. Data N-gain penguasaan konsep setelah dilakukan pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual diolah dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa penguasaan konsep mengalami peningkatan pada setiap sub materi dan peningkatan tertinggi pada sub materi teori gelombang elektromagnetik. Nilai N-gain kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi (71%) dan kelas kontrol dalam kategori sedang (53%). Uji-t menunjukkan bahwa model yang diterapkan memberikan pengaruh yang signifikan pada peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas siswa, lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan kreativitas figural lebih tinggi dibandingkan dengan kreativitas verbal pada kedua kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | pembelajaran berbasis masalah, simulasi virtual, penguasaan konsep, kreativitas. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 22 May 2018 06:02 |
Last Modified: | 22 May 2018 06:02 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4101 |
Actions (login required)
View Item |