DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM KERAJINAN CUKLI KOTA MATARAM DI MASA PANDEMI COVID-19

Suadnya, I Wayan and Agus Purbathin Hadi, Agus Purbathin Hadi and Paramita, Putri Eka (2021) DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM KERAJINAN CUKLI KOTA MATARAM DI MASA PANDEMI COVID-19. JOURNAL OF COMMUNITY DEVELOPMENT & EMPOWERMENT, 2 (3). ISSN 2723-4398

[img]
Preview
Text
18-Article Text-74-2-10-20211231.pdf

Download (295kB) | Preview
Official URL: http://jcommdev.unram.ac.id/index.php/pengabdian/a...

Abstract

Pandemi Covid 19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap pelaku UMKM pada sentra kerajinan cukli Kelurahan Sayang Sayang Kota Mataram. Pembeli dan wisatawan semakin langka danpenjualanpun menurun akibat berbagai aturan yang melarang orang bepergian diberlakukan baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Disisi lain sebetulnya sudah ada teknologi digital yang dapat dimanfaatkanuntuk pemasaran produk kerajinan cukli. Namun sayangnya pelaku UMKM di sentra kerajinan ini belum mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang cukup mengenai pemasaran digital yang menawarkan berbagai kemudahan. Mereka belum memanfaatkan teknologi digital untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan meningkatkan omzet penjualan produk. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian melakukan literasi pemasaran digital di lokasi ini. Metode yang digunakan adalah metode andragogy dengan teknik pelatihan danpendampingan. Hasil yang dicapai adalah 12 orang pelaku UMKM berpartisipasi dalam pelatihan. Mereka sudah melek teknologi pemasaran digital sehingga 5 orang mampu mengoperasikan e-commers shopee, 5 orang menggunakan Facebook dan 2 orang menggunakan instagram. Disamping itu, peserta juga telah mampu menghasilkan foto produk dalam pajangan dengan kualitas yang baik karena telah dilatih teknik fotografi. Hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa masih belum ada dampak yang signifikan pada pemasaran produk kerajinan cukli. Namun mereka sudah mulai mendapatkan pengunjung.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): pemasaran digital, kerajinan cukli, pandemi Covid-19, Mataram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ir. i Wayan Suadnya, M.Agr.Sc.,Ph.D.
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:06
Last Modified: 12 Jul 2023 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41028

Actions (login required)

View Item View Item