Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Tanki Bahan Bakar Dump Truck HD 785 Menggunakan Metode Plan-Do-CheckAction (PDCA) di PT. Menara Cipta Metalindo

Akbar, Wahyudi (2023) Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Tanki Bahan Bakar Dump Truck HD 785 Menggunakan Metode Plan-Do-CheckAction (PDCA) di PT. Menara Cipta Metalindo. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Akbar Wahyudi F1C019015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img]
Preview
Text
Paper Tugas Akhir Akbar Wahyudi F1C019015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Menara Cipta Metalindo adalah perusahaaan yang bergerak di bidang jasa manufaktur dengan sala satu produk yang dihasilkannya yaitu tangki bahan bakar dump truck HD 785. Penelitian ini berfokus pada tangki bahan bakar karena tangki bahan bakar ini merupakan produk yang sering mengalami penolakan. Suatu produk dikatakan berkualitas apabila produk yang dihasilkan memenuhi standar sesuai dengan keinginan konsumen. Namun, data produk cacat menunjukkan bahwa produk cacat pada tangki bahan bakar secara keseluruhan mencapai 27 produk. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi tersebut tidak normal, sehingga diperlukan suatu alat pengendalian kualitas untuk mengetahui penyebab terjadinya cacat dan cara mengatasi cacat, agar tidak terjadi cacat produk lebih lanjut. Pada penelitian ini, metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas adalah Plan-Do-Check-Action (PDCA) yang digunakan untuk menemukan akar penyebab terjadinya kecacatan, mengidentifikasi potensi kegagalan pada produk dan mengatasi masalah yang paling dominan serta memberikan rekomendasi usulan perbaikan yang harus dilakukan untuk mengurangi produk cacat pada PT Menara Cipta Metalindo. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa jenis cacat yang terjadi pada produk tangki bahan bakar adalah ulir 2 NPT cacat. Penyebab dominan terjadinya cacat tersebut adalah faktor penggunaan derajat kemiringan ulir yang kurang dan belum adanya alat dalam pengecekan fungsi ulir. Dari permasalahan tersebut diperoleh agar dapat meminimalisir terjadinya produk cacat di PT Menara Cipta Metalindo yaitu dengan dibuatkannya alat pengecekan dan mengubah derajat taper ulir dari 1,3 derajat menjadi 1,783 derajat serta membuat standarisasi berupa SOP dan WS tertulis pada bagian produksi dan quality di area yang letaknya mudah dijangkau oleh pekerja atau operator.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecacatan produk, PDCA, Pengendalian kualitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:44
Last Modified: 12 Jul 2023 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41033

Actions (login required)

View Item View Item