STUDI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KERIPIK TALAS UD SELALU JAYA DI KOTA MATARAM

Listanaya Pratami, Ni Putu Febri and Tajidan, Tajidan and Suadnya, I Wayan (2021) STUDI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KERIPIK TALAS UD SELALU JAYA DI KOTA MATARAM. Agrimansion, 22 (3). ISSN 2798-5385

[img]
Preview
Text
708-Article Text-972-2-10-20211229.pdf

Download (706kB) | Preview
Official URL: http://www.agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk keripik talas UD Selalu Jaya di Kota Mataram, 2) mengetahui apa saja atribut-atribut keripik talas yang menentukan kepuasan konsumen, 3) mengetahui hubungan antara kualitas produk dengan tingkat kepuasan konsumen keripik talas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan observasi. Penelitian inidilakukan di Kota Mataram dengan menetapkan tiga kecamatan yaitu Kecamatan Mataram, Kecamatan Selaparang dan Kecamatan Cakranegara. Penentuan responden ditetapkan sebanyak 50 responden, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara :Uji Validitas dan Reliabilitas, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index(CSI).Hasil penelitian mengatakan bahwa tingkat kepuasankonsumen terhadap produk keripik talas UD Selalu Jaya di Kota Mataram yang menggunakan perhitungan Customer Satisfaction Index(CSI) menunjukkan bahwa seluruh konsumen merasa cukup puas, hal ini dapat dilihat dari nilai CSI sebesar 0,64 dengan rentang skala 0,51-0,65.. Atribut-atribut produk keripik talas yang menentukan kepuasan konsumen meliputi atribut produk diantaranya harga,rasa, kemasan,jaminan, dan pelayanan. Hubungan antara kualitas produk dengan tingkat kepuasan konsumen mununjukkan hubungan linearitas positif yaitu semain tinggi kinerja atriribut produk semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen. Atribut yang perlu menjadi perioritas untuk ditingkatkan adalah kualitas produk warna bentuk dan aroma. Kata Kunci :atribut, kinerja, kualitas produk

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ir. i Wayan Suadnya, M.Agr.Sc.,Ph.D.
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:41
Last Modified: 12 Jul 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41058

Actions (login required)

View Item View Item