PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PANCOR

SHOFIATUL, HIDAYAH (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PANCOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Shofiatul Hidayah_E1E216173.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 3 Pancor Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 3 Pancor Tahun Ajaran 2022/2023, sedangkan sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji T-test dengan perhitungan SPSS 21.0 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tiled sebesar 0.032 < 0.050, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Pancor Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:02
Last Modified: 12 Jul 2023 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41066

Actions (login required)

View Item View Item