EFEKTIVITAS PEMANFAATAN APLIKASI E-BOOK TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 MATARAM

AMIDA EVA HARYANTI, WIBOWO (2023) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN APLIKASI E-BOOK TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMIDA EVA H.W. (FINAL) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AMIDA EVA H.W.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Kemajuan dalam teknologi sekarang ini mendorong banyak perubahan dalam kehidupan manusia dari era informasi ke era digital buku menjadi salah satunya. Buku bisa kita temui dalam bentuk digital yang dapat disebut juga sebagai e-book. hal ini tentunya berhubungan dengan dunia pendidikan terutama minat baca siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan aplikasi e-book terhadap peningkatan minat baca siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Mataram.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen menurut Sugiyono (2021:111) adalah metode penelitian yang dilakukan dengan percobaan, yang merupakan penelitian kuantitatif, digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (treatment/perlakuan) terhadap variabel dependen (hasil) dalam kondisi yang terkendalikan. Hasil penelitian menggunakan dua tahapan yaitu pretest memperoleh rata-rata persentase 40% sedangkan pada posttest memperoleh ratarata persentase 80%. Selanjutnya juga perubahan yang ditunjukkan pada hasil lembar angket pada tahap pretest persentase minat yang diperoleh dari siswa rata-rata di bawah 69% kemudian mengalami perubahan pada tahap posttest siswa memperoleh persentase rata- rata 70% bahkan ada yang mencapai diatas 90%. Tingkat keefektifannya dapat dilihat dalam lembar observasi aktivitas siswa pada tahap pretest persentase yang diperoleh 43% sedangkan pada tahap posttest persentase yang diperoleh 84%. Selanjutnya yang ditunjukkan pada hasil lembar angket pada tahap pretest persentase yang diperoleh 46% sedangkan pada tahap posttest persentase yang diperoleh 79%. Melihat perubahan persentase yang signifikan dari hasil lembar observasi aktivitasi sisiwa dan lembar angket dengan dua tahapan yakni pretest dan posttest maka dapat dikatakan bahwa penggunaan aplikasi e-book efektif terhadap peningkatan minat membaca siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aplikasi E-book, Minat Baca, Efektivitas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:18
Last Modified: 13 Jul 2023 07:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41088

Actions (login required)

View Item View Item