TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN DI BAWAH TANGAN TERHADAP TUKAR-MENUKAR TANAH PEKARANGAN DENGAN TANAH PERSAWAHAN DI DESA SENYIUR, KECAMATAN KERUAK, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

AINUL YAKIN, SAHBANA (2023) TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN DI BAWAH TANGAN TERHADAP TUKAR-MENUKAR TANAH PEKARANGAN DENGAN TANAH PERSAWAHAN DI DESA SENYIUR, KECAMATAN KERUAK, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AINUL YAKIN SAHBANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_AINUL YAKIN SAHBANA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan dan akibat hukum yang ditimbulkan perjanjian di bawah tangan terhadap tukar-menukar tanah pekarangan dengan tanah persawahan di Desa Senyiur, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini berjenis penelitian empiris. Hasil penelitian ini antara lain: perjanjian di bawah tangan terhadap tukar-menukar tanah pekarangan dengan tanah persawah di Desa Senyiur ditinjau dari KUHPerdata, PP No.24/1997, dan Hukum Adat adalah sah, karena telah memenuhi syarat sahnya tukar-menukar tanah. Adapun akibat hukum yang ditimbulkan adalah beralihnya hak dan tanggungjawab masing-masing tanah yang ditukarkan, sama-sama bertanggungjawab atas permasalahan dikemudian hari, dan tidak dapat didaftarkannya peralihan atas tanah yang ditukarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian di bawah tangan, Tukar-menukar, Tanah
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:41
Last Modified: 13 Jul 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41090

Actions (login required)

View Item View Item