PENGARUH PENAMBAHAN AIR BELERANG ALAMI, KAPUR DAN SEMEN PADA AIR ASAM TAMBANG AREA PERTAMBANGAN BATU HIJAU SUMBAWA BARAT

NISFI SYA’BANI, KARIMA (2023) PENGARUH PENAMBAHAN AIR BELERANG ALAMI, KAPUR DAN SEMEN PADA AIR ASAM TAMBANG AREA PERTAMBANGAN BATU HIJAU SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NISFI SYA’BANI KARIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL .Nisfi sya'bani karima.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Air asam tambang (AAT) terbentuk akibat kegiatan pertambangan bijih maupun batubara yang teroksidasi dengan mineral sulfida. AAT bersifat asam yang ditandai dengan pH yang rendah. Penanganan masalah AAT dapat dilakukan salah satunya dengan sedimentasi menggunakan penambahan ABA, kapur dan semen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ABA, kapur dan semen terhadap karakteristik AAT, selain itu untuk mengetahui pengaruh penambahan ABA, kapur dan semen terhadap penurunan konsentrasi ion logam dan sedimentasi ion logam. Penelitian ini dilakukan percobaan dengan 500 mL AAT ditambahkan ABA 400 mL, dengan kapur dan semen masing-masing sebanyak 3,5 g. Selanjutnya diukur perubahan karakteristik (pH, konduktivitas, TDS, dan TSS) dengan waktu kontak setiap 6 jam pengamatan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penambahan ABA, kapur dan semen mempengaruhi pH, dimana pH mengalami peningkatan dari 3,24 menjadi 11,47 pada waktuk kontak 6 jam, selain itu penambahan bahan ini juga mempengaruhi nilai TSS, pada waktu kontak 1 jam pertama setelah penambahan tiga jenis bahan ini nilai TSS sebesar 700 mg/L, semakin lama waktu kontak TSS mengalami penurunan yang signifikan. Analisis 2 jam waktu kontak nilai penurunan TSS sebesar 50 mg/L, sedangkan 3 jam waktu kontak TSS sudah habis atau terendapkan. Penurunan nilai TSS ini mengikuti pola perubahan logarithmic. Pengaruh penambahan bahan ini juga dapat menurunkan ion logam Fe2+ pada 24 jam waktu kontak yaitu <0,0002 mg/L, ion logam Cu2+ <0,0003 mg/L ion logam Mn2+yaitu <0,0001 mg/L. Sampel menunjukkan persentase pengendapan tiga jenis ion logam terlarut (Cu2+, Fe2+ , Mn2+) dengan rata-rata persentase 99,99% .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Air asam tambang, air belerang alami, logam ion, sedimentasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:41
Last Modified: 13 Jul 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41093

Actions (login required)

View Item View Item