TINDAKAN SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MAGIC HOUR KARYA TISA TS DAN STANLEY MEULEN: PERSPEKTIF MAX WEBER

Leny, Susanti (2023) TINDAKAN SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MAGIC HOUR KARYA TISA TS DAN STANLEY MEULEN: PERSPEKTIF MAX WEBER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENY SUSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Leny Susanti.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindakan sosial tokoh utama yang terdapat dalam novel Magic Hour karya Tisa Ts dan Stanley Meulen berdasarkan persfektif Max Weber. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan sosial yang dilakukan oleh tokoh utama berdasarkan persfektif Max Weber. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif karena datadata yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penelitian ini dideskripksikan menggunakan kata-kata atau bahasa yang baik dan benar. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka dengan menggunakan novel Magic Hour sebagai sumber kepustakaan atau sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat tipe tindakan sosial menurut Weber dimunculkan dalam novel Magic Hour yang terdiri dari 51 data. Beberapa data tindakan sosial rasionalitas instrumental yang muncul yaitu tindakan mengejar, menelpon, mematikan CD Player, menolak perjodohan, dan lainnya. Tindakan sosial rasionalitas nilai yang dilakukan yaitu; jujur, bertanggung jawab, meminta maaf, dan menolong. Adapun tindakan afektif yang dilakukan oleh tokoh yaitu; mengusir, memeluk, cemas, dan sedih. Sedangkan tindakan tradisional yang muncul yaitu tindakan menyambut pelanggan, kebiasaan saling curhat, dan kebiasaan untuk menari di derai hujan. Berdasarkan intensitas kemunculan data, tindakan afektif menjadi tindakan yang paling dominan dengan dua puluh data. Hal ini sejalan dengan novel ini yang bertema percintaan sehingga tindakan yang dilakukan oleh tokoh lebih dominan menggunakan perasaan atau emosi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tindakan sosial rasionalitas instrumental, tindakan sosial rasionalitas nilai, tindakan afektif, tindakan tradisional.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:59
Last Modified: 14 Jul 2023 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41108

Actions (login required)

View Item View Item