PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA/BURUH YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA BERDASARKAN PP NOMOR 44 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA DAN JAMINAN KEMATIAN (STUDI PADA PT. NARMADA AWET MUDA)

NANDA PRAMAS, CAHYA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA/BURUH YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA BERDASARKAN PP NOMOR 44 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA DAN JAMINAN KEMATIAN (STUDI PADA PT. NARMADA AWET MUDA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NANDA PRAMAS CAHYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NANDA PRAMAS CAHYA.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum pada pekerja jika mengalami kecelakaan kerja yang dialami saat bekerja dan apa saja yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan jaminan kecelakaan kerja serta upaya perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu hukum Normatif-Empiris, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Perundang-undangan, Konseptual, dan Sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder sedangkan jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data data yaitu data kepustakaan dan data lapangan yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian, bahwa pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pekerja yang mengalami kecelakaan kerja bagi tenaga kerja yang ada pada PT. Narmada Awet Muda dapat dikatakan sudah terlaksanakan akan tetapi ada beberapa penghambat salah satu nya lama nya proses pengklaiman manfaat jaminan kecelakaan kerja tersebut. Kemudian faktor lainnya adalah kurangnya Tenaga Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam melakukan pengawasan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:59
Last Modified: 14 Jul 2023 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41118

Actions (login required)

View Item View Item