NILAI DALAM TRADISI NYIWAK UPACARA ADAT KEMATIAN MASYARAKAT SUKU SASAK DESA BAGIK PAYUNG TIMUR KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

LAILA, HIDAYATI (2023) NILAI DALAM TRADISI NYIWAK UPACARA ADAT KEMATIAN MASYARAKAT SUKU SASAK DESA BAGIK PAYUNG TIMUR KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAILA HIDAYATI (E1B019091).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img]
Preview
Text
Jurnal _Laila Hidayati.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Tradisi nyiwak merupkan suatu rangkaian acara yang dilaksankan secara turun-temurun oleh Masyarakat di Desa Bagik Payung Timur dalam rangka memperingati hari kesembilan kematian seseorang setelah acara pemakaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi nyiwak. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi. Subjek dalam penelitian ini ialah Masyarakat Desa Bagik Payung Timur. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi nyiwak dilaksankan dalam beberapa tahapan kegiatan diantaranya piak keratak dan piak jaja goro, lelakok, mesilak dan piak jaja basaq, gawe dina, penyembelihan kambing, zikiran dina, sesorongan, dan tahapan penutupan yaitu rebak jangkih. Selain itu Tradisi nyiwak juga memilki nilai-nilai yang terdapat dalam pelaksanaanya seperti nilai gotong royong, nilai sosial, nilai persaudaraan, nilai religius dan nilai budaya, selain dari pada itu aa beberpa alasan mengapa Masyarakat di Desa Bagik Payung Timur melaksanakan Tradisi nyiwak yaitu karena tradisi nyiwak ialah warisan leluhur, tradisi nyiwak sebagai wujud kemanusiaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nilai, tradisi, adat kematian
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:25
Last Modified: 14 Jul 2023 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41120

Actions (login required)

View Item View Item