SINTESIS SENYAWA 5-NITROVANILIN: MAJALAH KIMIA UNTUK SMA/MA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI BENZENA DAN TURUNANNYA

KARMILA, SEPTIANA (2023) SINTESIS SENYAWA 5-NITROVANILIN: MAJALAH KIMIA UNTUK SMA/MA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI BENZENA DAN TURUNANNYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Karmila Septiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu tahap 1 dilakukan sintesis senyawa 5-Nitrovanilin yang digunakan sebagai bahan/konten majalah kimia (penelitian eksperimen) dan tahap 2 merupakan penelitian untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat kepraktisan majalah kimia sebagai suplemen pembelajaran pada materi benzena dan turunannya (penelitian pengembangan). Model penelitian pengembangan majalah kimia yang digunakan adalah model Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII jurusan IPA MA Nurul Iman Dasan Makam, Sukamulia, Lombok Timur, yang berjumlah 20 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh peserta didik dijadikan sebagai sampel penelitian (sampel jenuh). Pada penelitian tahap 1 berhasil disintesis senyawa 5-Nitrovanilin melalui reaksi nitrasi. Senyawa 5- Nitrovanilin yang dihasilkan memiliki karakter fisik berupa serbuk bewarna kuning cerah, massa produk 10,7512 gram dengan rendemen hasil 73%. Sementara hasil penelitian tahap 2 menunjukkan bahwa majalah kimia yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang diperoleh menggunakan rumus Aiken’s V adalah 0,93 (sangat valid) dengan Percentage of Agreement (R) yaitu 94,5% (Baik). Majalah kimia yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 89.5% (sangat praktis). Sehingga dapat disimpulkan majalah kimia dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sintesis, 5-Nitrovanilin, Pengembangan, Majalah Kimia, Suplemen Pembelajaran.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:25
Last Modified: 14 Jul 2023 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41123

Actions (login required)

View Item View Item