PENGURANGAN WAKTU PROSES PEMBUATAN PRODUK SUPPORT IDLER DENGAN MENGURANGI DEFECT MENGGUNAKAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE DI PT. METAL CASTINDO INDUSTRITAMA

Achmad Arif, Permadi PENGURANGAN WAKTU PROSES PEMBUATAN PRODUK SUPPORT IDLER DENGAN MENGURANGI DEFECT MENGGUNAKAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE DI PT. METAL CASTINDO INDUSTRITAMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir - Achmad Arif Permadi (F1C019002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Achmad Arif Permadi F1C019002.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

PT. Metal Castindo Industritama merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang berdiri sejak tahun 2002 yang bergerak di bidang pengecoran atau casting dan menjadi salah satu supplier dari PT. Komatsu Indonesia. PT. Metal Castindo Industritama menyuplai 6 produk komponen dari excavator dan bulldozer salah satunya adalah Support idler RH/LH. Tercatat demand support idler RH/LH pada bulan juni ke juli 2022 mengalami kenaikan dari 200 pcs menjadi 420 pcs (110 %) tetapi pada bulan juli demand hanya terpenuhi sekitar 372 pcs atau 88 % dari demand yang ditentukan. Hasil identifikasi yaitu salah satu penyebab terjadinya hal ini dikarenakan terdapat defect pada hasil casting yang membuat waktu proses pembuatan produk support idler RH/LH bertambah dan membuat supply produk terlambat. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan manfaat disektor produksi dengan mengurangi defect pada hasil pengecoran sehingga waktu proses produksi dari produk support idler RH/LH bisa berkurang. Metode yang digunakan yaitu metode quality control cyrcle untuk mengetahui akar permasalahan yang terjadi dan menghasilkan langkah perbaikan. Dengan metode ini juga menghasilkan standar atau Standard Operating Procedure (SOP) pengerjaan produk support idler RH/LH dengan tujuan mencegah terjadinya masalah yang sama terjadi kembali. Hasil dari improvement ini yaitu diketahuinya factor utama terjadinya defect adalah coating yang digunakan tidak sesuai sehingga perlu dilakukan pergantian coating yang digunakan sehingga hasil casting menjadi lebih baik. Hasil casting yang baik ini membuat waktu proses repair-welding atau prefinishing menjadi berkurang 33 % dari 45 menit menjadi 15 menit waktu pengerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): sand casting, supplier, defect, quality control cyrcle, SOP
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:40
Last Modified: 17 Jul 2023 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41158

Actions (login required)

View Item View Item