ANALISIS PEMASARAN DAN PENDAPATAN PETERNAK SAPI POTONG BERDASARKAN POLA PEMELIHARAAN DI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

ZULHAM, HASIM (2023) ANALISIS PEMASARAN DAN PENDAPATAN PETERNAK SAPI POTONG BERDASARKAN POLA PEMELIHARAAN DI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ZULHAM HASIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal ZULHAM HASIM.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pemasaran dan Pendapatan Peternak Sapi Potong Berdasarkan Pola Pemeliharaan di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan penetuan sampel dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dengan memilih dan menentukan berdasarkan lokasi penelitian di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Jumlah responden penelitian ini 60 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga pola pemasaran yang dilewati peternak sapi potong di Kecamatan Terara yaitu dari peternak langsung ke konsumen, peternak ke pedagang pengecer yang dijual ke konsumen dan peternak ke pedagang pengumpul kemudian dipasarkan ke pedagang pengecer yang dilepas ke konsumen. Saluran pemasaran I merupakan saluran yang paling efisien dibandingkan saluran pemasaran II dengan nilai efisiensi 1,20% dan saluran pemasaran III dengan nilai efisiensi pemasaran sebesar 2,72%. Adapun pemasaran dengan pemeliharaan pola pembibitan memiliki satu pola pemasaran yaitu dari peternak ke pedagang pengumpul lalu ke pedagang pengecer yang dilepas ke konsumen dengan nilai efisiensi sebesar 4,05%. Rata-rata pendapatan kotor pertahun yang diterima oleh peternak sapi potong pola penggemukan sebesar Rp.15.856.666, sedangkan pola pembibitan sebesar Rp.11.061.667. Rata-rata pendapatan bersih peternak sapi potong pola penggemukan sebesar Rp.1.727.693, sedangkan pola pembibitan sebesar Rp.5.277.330. Nilai R-C ratio pola penggemukan 1,12 sedangkan pola pembibitan sebesar 1,91.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemasaran, pendapatan, penggemukan, pembibitan dan sapi potong
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:58
Last Modified: 18 Jul 2023 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41185

Actions (login required)

View Item View Item