EFEKTIVITAS ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DALAM MENGEVALUASI KOMPETENSI SISWA DI SMPN 1 PEMENANG

SANTA, ADITANA (2023) EFEKTIVITAS ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DALAM MENGEVALUASI KOMPETENSI SISWA DI SMPN 1 PEMENANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SANTA SKRIPSI FIX (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SANTA ADITANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah bagian dari Kurikulum Merdeka Belajar. ANBK bukanlah sistem penilaian yang di jadikan syarat kelulusan bagi siswa melainkan alat evaluasi yang di gunakan untuk menilai dan pemetaan kualitas pendidikan di Indonesia.Tujuan utama dari ANBK adalah untuk mendorong mutu pembelajaran serta hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ANBK dapa secara efektif dalam mengevaluasi kompetensi siswa, kemudian faktor pendukung dan tantangannya serta rekomendasi apa yang dapat di berikan sekolah dalam pelaksanaan ANBK dalam mengevaluasi kompetensi siswa di SMPN 1 Pemenang. Penelitian ini menggunakan pendekaran kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa pelaksanaan ANBK di SMPN 1 Pemenang melalui tiga tahapan yaitu, Pra ANBK, ujian ANBK, dan pasca ANBK. Pelaksanaan ANBK di SMPN 1 Pemenang berjalan baik dengan banyaknya peningkatan pada kemampuan siswa. di lihat dari raport pendidikan tahun 2023 kemampuan siswa pada literasi dan numerasi terus meningkat yang merepresentasikan kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Survey karakter yang merepresentasikan kompetensi sikap yang di dasarkan profil pembelajar pancasila juga menunjukkan hasil yang terus meningkat, begitu juga pada hasil survey lingkungan belajar. Faktor pendukung dan tantangan ANBK secara bersamaan dari siswa, guru, sekolah, jaringan internet dan Komputer. Dari pihak sekolah memberikan saran bahwa sebaiknya sekolah di berikan kewenangan penuh untuk memilih sendiri pesertanya. Dapat di temukan dengan banyak perubahan dan peningkatan baik dalam raport pendidikan maupun keseharian siswa menunjukan bahwa ANBK dapat secara efektif di gunakan dalam mengevaluasi kompetensi siswa di SMPN 1 Pemenang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ANBK, Efektifitas, Kompetensi Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:59
Last Modified: 18 Jul 2023 06:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41214

Actions (login required)

View Item View Item