RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI EDUKASI GIZI DAN PENCEGAHAN STUNTING BAGI IBU HAMIL BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PUSKESMAS SEKOTONG)

Muhammad Ari, Rifqi (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI EDUKASI GIZI DAN PENCEGAHAN STUNTING BAGI IBU HAMIL BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PUSKESMAS SEKOTONG). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir 2_Muhammad Ari Rifqi_F1D019068 no 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_1_TA_Muhammad Ari Rifqi_Design And Development Of An Android-Based no2.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Gizi buruk dan stunting merupakan masalah serius yang mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu daerah dengan tingkat gizi buruk dan stunting tertinggi di Indonesia. Khususnya, kabupaten Lombok Barat di NTB memiliki persentase kasus gizi buruk dan stunting yang signifikan, terutama di kecamatan Sekotong. Angka stunting di kecamatan ini sebesar 94 kasus di tahun 2020. Para ibu di kecamatan Sekotong kurang memiliki pengetahuan mengenai gizi dan cara mencegah stunting, yang berkontribusi pada masalah tersebut. Selain itu, kurangnya peran posyandu dalam memberikan edukasi kepada para ibu juga menjadi tantangan dalam upaya pencegahan gizi buruk dan stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android bernama Yess Nutrition sebagai media edukasi gizi dan pencegahan stunting bagi ibu hamil di kecamatan Sekotong. Metode Design Thinking dan Personal Extreme Programming digunakan dalam pengembangan aplikasi ini. Desain aplikasi didasarkan pada kebutuhan dan masalah yang diidentifikasi melalui tahapan empathize, define, dan ideate dari metode Design Thinking. Selanjutnya, aplikasi ini dibangun menggunakan metode Personal Extreme Programming yang mampu menangani dengan cepat perubahan aplikasi. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa Yess Nutrition memiliki kualitas dan tampilan yang baik. Berdasarkan pengujian User Acceptance Testing, aplikasi ini mendapatkan Mean Opinion Score sebesar 4.173, menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan dan diapresiasi oleh pengguna. Aplikasi Yess Nutrition diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai gizi dan pencegahan stunting, serta memberikan solusi yang efektif dalam menangani masalah gizi buruk dan stunting di Kecamatan Sekotong. Dengan memanfaatkan potensi pemanfaatan platform Android yang luas dan popularitas penggunaan smartphone di masyarakat, aplikasi ini memiliki potensi untuk menjadi alat edukasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran gizi dan mencegah stunting

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Edukasi, Gizi, Stunting, Personal Extreme Programming, Sekotong
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:00
Last Modified: 18 Jul 2023 07:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41229

Actions (login required)

View Item View Item