TINJAUAN YURIDIS TENTANG RESTITUSI TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA (STUDI PUTUSAN NOMOR 184/PID.SUS/2017/PN.SEL)

Rusyda Candra, Anggraini (2023) TINJAUAN YURIDIS TENTANG RESTITUSI TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA (STUDI PUTUSAN NOMOR 184/PID.SUS/2017/PN.SEL). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI sisi fix edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
jurnal edit.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan yuridis tentang restitusi terhadap anak sebagai korban tindak pidana (studi putusan nomor 184/pid.sus/2017/pn.sel). Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang dimana penelitian ini menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian, bahwa Pengaturan Hukum Pemberian Hak Restitusi Terhadap Anak Sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual di atur dalam UU No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, dan Penerapan Hak Restitusi Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dalam Putusan Pengadilan Negeri Selong Nomor 184/Pid.Sus/2017/Pn.Sel belum terpenuhi.sehingga tidak sesuai dengan asas kemanfaatan bagi korban dimana restitusi tersebut sebagai bentuk perlindungan terhadap hak korban yang menekankan pada pemberian ganti kerugian dalam bentuk kompensasi, restitusi, dan upaya pengambilan kondisi korban yang mengalami trauma, rasa takut dan tertekan akibat kejahatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): restitusi, anak, korban, tindak pidana
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:00
Last Modified: 18 Jul 2023 07:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41230

Actions (login required)

View Item View Item