KARAKTERISITIK FISIK DAN KUALITAS ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BIJI KLUWIH (Artocarpus cammansi) SEBAGAI BAHAN PENGISI

Laela Rofikatul, Aini (2023) KARAKTERISITIK FISIK DAN KUALITAS ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BIJI KLUWIH (Artocarpus cammansi) SEBAGAI BAHAN PENGISI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Laela_Rofikatul_Aini_(B1D019132).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL LAELA ROFIKATUL AINI.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Es krim susu kambing merupakan salah satu produk pangan beku yang di buat dengan penambahan tepung biji kluwih. Rancangan percobaan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor yaitu tepung biji kluwih. Perlakuan penambahan tepung biji kluwih yaitu dengan (P0) 0%, (P1) 10%. (P2) 20%, dan (P3) 30%. Parameter yang diamati adalah sifat fisik (overrun dan kecepatan leleh) dan sifat organoleptik (warna, aroma, rasa dan tekstur). Data hasil pengamatan dianalisa dengan analisis keragaman (analysis of Variance) taraf 5% menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS). Adanya perbedaan nyata, maka dilakukan uji lanjut menggunakan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Penambahan tepung biji kluwih memberikan pengaruh nyata terhadap mutu fisik (overrun dan kecepatan leleh) dan kualitas organoleptik ( aroma, rasa, warna, dan tekstur) . Perlakuan terbaik dengan penambahan tepung biji kluwih 10% dengan overrun 41%, kecepatan leleh 50,00 menit dan organoleptik dapat diterima panelis kriteria berwarna agak cream, agak beraroma kluwih dengan tekstur lembut dan agak berasa kluwih dengan tingkat kesukaan suka pada panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tepung biji kluwih, es krim susu kambing, mutu fisik, organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:40
Last Modified: 18 Jul 2023 07:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41242

Actions (login required)

View Item View Item