PELAKSANAAN PERJANJIAN BAGI HASIL PENANGKAPAN IKAN (SADOH) (STUDI DI DESA TANJUNG LUAR KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

HERNI, AGUSTINA (2023) PELAKSANAAN PERJANJIAN BAGI HASIL PENANGKAPAN IKAN (SADOH) (STUDI DI DESA TANJUNG LUAR KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Herni Agustina_D1A0192.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Herni Agustina_D1A0192.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian bagi hasil penangkapan ikan dan untuk mengetahui penyelesian sengketa apabila terjadi sengketa antara pemilik kapal dan nelayan di Desa Tanjung Luar. Penelitian ini menggunakan metode hukum normative dan hukum empiris dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat tanjung luar melaksanakan penerapan bagi hasil yang didasari perjanjian dengan bentuk tidak tertulis dan dalam pelaksanaan bagi hasil tergantung dari seberapa banyak jumlah hasil tangkapan nelayan setelah melaut. Penyelesaian sengketa antara pemilik perahu dengan nelayan diselesaikan melalui jalur non litigasi, negosiasi, dan konsultasi (musyawarah dan mufakat) dalam penerapan perjanjian bagi hasil ini tidak ada sangsi yang secara langsung didapatkan oleh seseorang yang melakukan wanprestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nelayan, Bagi Hasil (Sadoh), Penyelesaian Sengketa.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:01
Last Modified: 18 Jul 2023 07:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41251

Actions (login required)

View Item View Item