PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN RUMAH HUNIAN UNTUK KALANGAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI KOTA MATARAM (DECISION MAKING IN SELECTION OF HOUSE FOR CIVIL SERVANTS IN THE MATARAM CITY)

SOFYAN, WINARDIN (2023) PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN RUMAH HUNIAN UNTUK KALANGAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI KOTA MATARAM (DECISION MAKING IN SELECTION OF HOUSE FOR CIVIL SERVANTS IN THE MATARAM CITY). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Sofyan Winardin_I2I021021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Rumah adalah salah satu kebutuhan yang mendasar dan sangat penting bagi setiap individu sebagai tempat tinggal dan sebagai sarana pembinaan keluarga. Seiring berkembangnya zaman, cara seseorang dalam memiliki rumah tinggal juga mengalami perkembangan. Saat ini sudah banyak perusahaan penyedia rumah tinggal yang mana seseorang dapat memilih dan memiliki rumah tinggal dengan cara yang praktis yaitu membeli kepada perusahaan penyedia. Rumah siap huni sangat digemari oleh masyarakat di perkotaan, termasuk ASN Kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan tingkat kepentingan kriteria sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan rumah hunian dan rumah hunian yang menjadi pilihan oleh kalangan ASN Kota Mataram. Pada penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk mengetahui jenis rumah pilihan ASN di Kota Mataram dan nilai prioritas kriteria dalam pemilihan rumah siap huni. Penelitian dilakukan dengan kuesioner lalu diolah dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Digunakan 4 sampel rumah yang siap huni sebagai opsi penilaian yaitu perumahan mentari residence (A1), perumahan Adhyaksa Residence (A2), perumahan Bukit Citra Kencana (A3) dan perumahan Bumi Harapan Permai (A4). Sebagai parameter penilaian digunakan 6 pilihan kriteria yaitu kriteria Lokasi (K1), kriteria Harga (K2), kriteria Fasilitas Umum (K3), kriteria Spesifikasi Teknis (K4), kriteria Tipe (K5) dan kriteria Fasad (K6). Dari hasil analisis diketahui urutan prioritas kriteria dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah kriteria Harga (K2) dengan bobot 0,2168, kriteria Lokasi (K1) dengan bobot 0,1965, Kriteria Fasad (K6) dengan bobot 0,1640, kriteria Tipe (K5) dengan bobot 0,1538, kriteria Spesifikasi Teknis (K4) dengan bobot 0,1431 dan kriteria Fasilitas Umum (K3) dengan bobot 0,1241. Hasil rangking alternatif menunjukkan bahwa alternatif rangking rumah dari yang tertinggi hingga terendah adalah Perumahan Adhyaksa Residance (A2) dengan bobot 0,2762, Perumahan Bukit Citra Kencana (A3) dengan bobot 0,2698, Perumahan Mentari Residance (A1) dengan bobot sebesar 0,2277 dan perumahan Bumi Harapan Permai (A4) dengan bobot 0,2250. Pemeringkatan alternatif dipengaruhi oleh tingkat kepentingan kriteria dan juga bobot alternatif pada setiap kriteria.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Rumah, Aparatur Sipil Negara, Mataram, AHP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:21
Last Modified: 18 Jul 2023 09:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41256

Actions (login required)

View Item View Item