PENERAPAN KAIZEN DALAM MENGURANGI WAKTU PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BOTTOM PDH 160 DI PT INSPIRASI KREASI SEJAHTERA

Rudimal, Apriyandi (2023) PENERAPAN KAIZEN DALAM MENGURANGI WAKTU PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BOTTOM PDH 160 DI PT INSPIRASI KREASI SEJAHTERA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR - Rudimal Apriyandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi - Rudimal Apriyandi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Inspirasi Kreasi Sejahtera merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang jasa permesinan. Perusahaan ini merupakan salah satu dari supplier PT. Komatsu Indonesia yang dimana salah satu produk yang di supply adalah Bottom PDH 160. Banyaknya permintaan supply part (khususnya Bottom PDH 160) dari PT. Komatsu Indonesia Membuat PT. Inspirasi Kreasi Sejahtera cukup kesulitan dalam mensupply part Bottom PDH 160 karena proses produksi part yang cukup lama. Oleh sebab itu dilakukan perbaikan dengan menerapkan konsep Kaizen yang merupakan konsep perbaikan yang berkesinambungan (Continues Improvement), Penerapan konsep Kaizen dalam mengurangi waktu produksi adalah suatu pendekatan yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses produksi suatu perusahaan. Sehingga pada penelitian ini dilakukan penerapan kaizen untuk menurunkan waktu produksi Bottom PDH 160 agar dapat meningkatkan kapasitas produksi Bottom PDH 160 dengan mempertahankan standar kualitas produksi yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dari penerapan kaizen dalam mengurangi waktu produksi menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang juga merupakan bagian dari konsep kaizen. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan mulai dari penempatan tools, penggunaan softjaw dan Managemen drawing dari perbaikan tersebut terjadi penurunan waktu pada OP3 dari yang 104 menit menjadi 42 menit dan terjadi peningkatan produksi dari 5 pcs menjadi 11 pcs kenaikan produktifitas mencapai 120% untuk kapasitas produksi OP3 per shiftnya dan meningkatnya produktifitas pengiriman dari 72% menjadi 100% dan mendapatkan referensi perbaikan untuk perbaikan pada proses yang serupa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kualitas, Waktu produksi, Kaizen, plan,do,check, action
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:21
Last Modified: 18 Jul 2023 09:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41258

Actions (login required)

View Item View Item