PERSEPSI PRAKTISI MEDIA TENTANG PENGGUNAAN SEO DI MEDIA ONLINE (STUDI FENOMENOLOGI PRAKTISI MEDIA DI MATARAM)

Elsa, Kurnia (2023) PERSEPSI PRAKTISI MEDIA TENTANG PENGGUNAAN SEO DI MEDIA ONLINE (STUDI FENOMENOLOGI PRAKTISI MEDIA DI MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi Elsa Kurnia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal skripsi.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Search engine optimization atau SEO merupakan rangkain proses yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung ke dalam website. Adapun media online di Kota Mataram yang menggunakan SEO ini ialah Suara NTB, Antara Biro NTB, Lombok Post, Radar Lombok dan Tribun Lombok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi praktisi media yang bekerja di media online di Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengenai penggunaan Search Engine Optimization dalam media online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh tujuh informan. Adapun uji validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi praktisi media online di Mataram tentang penggunaan SEO dalam media online dapat dikelompokkan menjadi beberapa persepsi yaitu, persepsi manfaat yang bagi praktisi mediA SEO adalah sebuah sarana untuk meningkatkan jumlah kunjungan di halaman website, mendapatkan keuntungan secara ekonomi dan menjadi branding bagi media. Selanjutnya adalah persepsi kemudahan penggunaan, bagi praktisi media penggunaan SEO di media online dapat diakses melalui komputer seperti smartphone maupun PC dan penggunaan plugin Yoast SEO dapat mengoreksi konten media. Kemudian persepsi risiko, yang praktisi media melihat peningkatan jumlah kunjungan oleh penggunaan SEO tidak menentu dan SEO tidak dapat menyesuaikan algoritma mesin pencari seperti Google. Terakhir persepsi kepercayaan, di mana praktisi media online di Mataram memiliki perbedaan persepsi. Ada praktisi yang memersepsikan penggunaan SEO dapat menurunkan kualitas jurnalistik dan ada yang memersepsikan penggunaan SEO meningkatkan kualitas jurnalistik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Search Engine Optimization, Media Online, Persepsi Praktisi Media, Fenomenolog
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:21
Last Modified: 18 Jul 2023 09:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41263

Actions (login required)

View Item View Item