Hasil TUrnitin Penerapan Ragam Pola Agroforestri Terhadap Pendapatan dan Cadangan Karbon di Kawasan Hutan Sesaot Lombok Barat.

Markum, Markum and Andi, Chairil Ichsan and Syaputra, Maiser and Mudhofir, MRT (2021) Hasil TUrnitin Penerapan Ragam Pola Agroforestri Terhadap Pendapatan dan Cadangan Karbon di Kawasan Hutan Sesaot Lombok Barat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Penerapan Ragam Pola Agroforestri Terhadap Pendapatan dan Cadangan Karbon di Kawasan Hutan Sesaot Lombok Barat..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kawasan hutan Sesaot telah dikelola oleh masyarakat melalui skema Perhutanan Sosial dengan sistem agroforestri. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi keragaman pola agroforestri, menganalisis pendapatan pada ragam pola agroforestri, menganalisis jumlah cadangan karbon dan menganalisis pola agroforestri yang paling optimal. Metode yang digunakan deskriptif melalui serangkaian observasi, wawancara dan Focus Group Discussion, kepada 42 responden dan pengukuran cadangan karbon di 18 lokasi petani. Analisis pola agroforestri dilakukan dengan pembuatan klaster berdasarkan dominasi tanaman, analisis jumlah carbon digunakan persamaan allometrik dan analisis nilai optimal pola agroforestri menggunakan skoring. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: terdapat empat pola agroforestri di Kawasan Hutan Sesaot, yaitu, agroforestri dominan kemiri, agroforestry dominan mahoni, agroforestri campuran dan agroforestri sederhana. Pendapatan terbesar diperoleh pada pola agroforestry campuran dan terkecil pada dominan mahoni. Sedangkan jumlah cadangan karbon terbesar terdapat pada dominan mahoni dan terkecil pada agroforestri sederhana. Hasil analisis skoring menunjukkan bahwa praktik agroforestry campuran termasuk kategori paling optimal dibandingkan dengan pola agroforestry yang lain.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Maiser Syaputra
Date Deposited: 19 Jul 2023 07:13
Last Modified: 19 Jul 2023 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41316

Actions (login required)

View Item View Item