STRUKTUR CERITA PENDEK GADIS KECIL DARI LOJI DAN SEORANG PEMBURU KARYA TJAK S. PARLAN

AHMAD, SETYAWAN (2023) STRUKTUR CERITA PENDEK GADIS KECIL DARI LOJI DAN SEORANG PEMBURU KARYA TJAK S. PARLAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD SETYAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AHMAD SETYAWAN.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas struktur cerita pendek (cerpen) Gadis Kecil dari Loji dan Seorang Pemburu karya Tjak S. Parlan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kaitan struktur teks cerpen (abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, koda) pada cerpen Gadis Kecil dari Loji dan Seorang Pemburu karya Tjak S. Parlan. Kemudian, tujuan penelitian ialah untuk mendeskripsikan bagaimana kaitan struktur teks cerpen (abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, koda) tersebut. Untuk mencapai itu, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam menganalisis data yang telah diperoleh; yaitu dengan teknik kepustakaan pada cerpen Gadis Kecil dari Loji dan Seorang Pemburu—membacanya secara berulang dan memahaminya. Cerpen termaksud merupakan data dan sumber data, ia tercatat dalam buku kumpulan cerpen Kota yang Berumur Panjang karya Tjak S. Parlan. Selanjutnya, pengumpulan data diperoleh dengan metode studi pustaka, teknik baca dan catat, dan teknik analisis. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif yaitu (1) mendeskripsikan data-data yang diperoleh dengan membaca cerpen tersebut dan sumber bacaan lainnya, (2) mencatat data-data yang telah ditemukan, kemudian (3) mengidentifikasi data-data yang ditemukan yang menunjukkan struktur pembangun cerpen serta mengelompokkan dan mengklasifikasi data-data yang sudah dikumpulkan, dilanjutkan dengan menganalisis data. Berdasarkan analisis data tersebut, ditemukan struktur cerpen yang lengkap terkait abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda pada cerpen Gadis Kecil dari Loji dan Seorang Pemburu karya Tjak S. Parlan. Oleh karenanya, tersimpulkanlah sejumlah hal; berangkat dari analisis data struktur cerpen, terdapat 35 data yang ditemukan sebagai bagian struktur cerpen pada keseluruhan cerpen tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): karya sastra, cerpen, struktur cerpen, Gadis Kecil dari Loji dan Seorang Pemburu, Tjak S. Parlana
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:38
Last Modified: 20 Jul 2023 04:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41424

Actions (login required)

View Item View Item