ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENETAPAN ANIES BASWEDAN SEBAGAI BAKAL CALON PRESIDEN PARTAI NASDEM PADA MEDIAINDONESIA.COM DAN VIVA.CO.ID EDISI OKTOBER 2022

BAIQ ERICKA, KURNIA (2023) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENETAPAN ANIES BASWEDAN SEBAGAI BAKAL CALON PRESIDEN PARTAI NASDEM PADA MEDIAINDONESIA.COM DAN VIVA.CO.ID EDISI OKTOBER 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi BAIQ ERICKA KURNIA (L1B016014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal BAIQ ERICKA KURNIA (L1B016014).pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Mediaindonesia.com dan Viva.co.id menyajikan pemberitaan tentang penetapan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Partai Nasdem sepanjang Oktober 2022. Berita penetapan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Partai Nasdem diberitakan dengan bingkai tertentu. Pembingkain berita tentang penetapan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Partai Nasdem merupakan bagian dari konstruksi realitas yang dilakukan oleh kedua media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedua media online membingkai pemberitaan tentang penetapan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Partai Nasdem sepanjang bulan Oktober 2022. Penelitian ini berjenis deksriptif kualitatif dengan metode analisis framing Robert N. Entman. Perangkat analisis Robert N. Entman terdiri dari empat elemen antara lain Define Poblems, Diagnose cause, make moral judgement, dan treatment recommendation. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan yang lebih dominan pada pemberitaan tentang penetapan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Partai Nasdem. Mediaindonesia.com dan Viva.co.id menyajikan bingkai yang dominan berbeda. Mediaindonesia.com membingkai Penetapan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Partai NasDem sebagai langkah yang tepat dilakukan oleh Partai NasDem. Sedangkan Viva.co.id membingkai Penetapan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Partai NasDem adalah langkah yang tidak tepat oleh Partai NasDem. Persamaan Mediaindonesia.com dan Viva.co.id adalah sama-sama menawarkan penyelesaian masalah yaitu NasDem harus tetap berkoalisi dengan partai lain

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): NasDem, Anies Baswedan, Analisis Framing, Mediaindonesia.com, Viva.co.id.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:53
Last Modified: 21 Jul 2023 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41457

Actions (login required)

View Item View Item