PERAN PUSKESMAS MADAPANGGA DALAM MENSOSIALISASIKAN INFORMASI TERKAIT COVID19 PADA MASYARAKAT DI DESA CAMPA, KECAMATAN MADAPANGGA, KABUPATEN BIMA

RATU, FADILLAH (2023) PERAN PUSKESMAS MADAPANGGA DALAM MENSOSIALISASIKAN INFORMASI TERKAIT COVID19 PADA MASYARAKAT DI DESA CAMPA, KECAMATAN MADAPANGGA, KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RATU FADILLAH IKOM FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RATU.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid yang mewabah pada tahun 2019 mengakibatkan semua informasi simpang siur bertebaran di kalangan masyarakat salah satu bentuk upaya yang dilakukan pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus covid-19 dibangun instansi pemerintah sebagai unit penyelenggara pelayanan kesehatan masyarakat yakni Puskesmas dengan mengkampanyekan dan melakukan sosialisasi tentang bahaya wabah virus Covid salah satunya dilakukan di Desa Cempa Kecamatan Madapangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Puskesmas Madapangga dalam Mensosialisasikan Covid-19 di Desa Campa Kecematan Madapangga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Adapun subyek pada penelitian ini adalah Puskesmas Madapangga. Objek pada penelitian ini adalah mengenai peran Puskesmas Madapangga dalam mensosialisasikan Covid-19 pada masyarakat Desa Campa Kecematan Madapangga, Kabupaten Bima. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini berupa Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh puskesmas Madapangga menimbulkan tiga efek yaitu efek afektif, kognitif dan behavioral. Dari ketiga efek tersebut masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang informasi covid-19 dari sosialisasi ini. (2) Pada awal pendemi, masyarakat merasakan ketakutan dan kekhawatiran yang berlebih setelah mendapatkan sosialisasi tentang covid mayarakat lebih tenang dan kondusif. (3) Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh puskesmas Madapangga masyarakat mulai berperilaku sehat dengan mematuhi Protokol Kesehatan dan selalu memakai masker saat keluar rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosialisasi, Masyarakat dan Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:49
Last Modified: 21 Jul 2023 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41507

Actions (login required)

View Item View Item