Analisis Semiotika Konten Siaran Program Feature Episode “Setahun Pasca Pandemi di Kuta Bali” pada Voice of Indonesia (VOI) Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta

Muhammad Dimas, Ramadhan (2023) Analisis Semiotika Konten Siaran Program Feature Episode “Setahun Pasca Pandemi di Kuta Bali” pada Voice of Indonesia (VOI) Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Radio Republik Indonesia (RRI) merupakan salah satu Lembaga Penyiaran Publik yang memiliki tugas besar dalam memberikan pengaruh bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Melalui program feature siaran luar negeri Voice Of Indonesia (VOI), RRI diharapkan dapat mempromosikan Indonesia beserta ideologi Pancasila serta mengenalkan Indonesia dari sisi ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata ke masyarakat internasional dan diaspora Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna tanda yang terdapat dalam Program Feature Episode “Setahun Pasca Pandemi di Kuta Bali” pada VOI RRI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Ferdinand de Saussure yang menitikberatkan pada Penanda (Signifier) dan Petanda (Signified). Data yang diteliti berupa audio program feature. Pemilihan Program Feature ini bertujuan menginformasikan situasi yang terjadi baik dari segi pariwisata dan ekonomi di Bali yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penulis adalah bagaimana makna tanda-tanda dalam Program Feature Episode “Setahun Pasca Pandemi di Kuta Bali”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makna tanda mengenai penanda (Signifier) dan pertanda (Signified) dalam Program Feature Episode “Setahun Pasca Pandemi di Kuta Bali” adalah sikap tanggung jawab, tidak mudah berputus asa dan selalu optimis dari kondisi pandemi Covid 19, inilah yang ditunjukan Andre seorang pedagang minuman dan Wildan seorang pedagang bakso Malang keliling di Kuta Bali. Hal tersebut juga menginterpretasikan para pelaku usaha lainnya dan warga Desa Adat yang ada di Kuta Bali terhadap kondisi Pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Radio, VOI, Semiotika, Saussure
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:11
Last Modified: 21 Jul 2023 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41513

Actions (login required)

View Item View Item